Saturday, August 4, 2012

Pengukuran sungai



  PENGUKURAN LEBAR SUNGAI
1. Tanpa Menggunakan Alat Teodolit

GAMBAR PENGUKURAN



LANGKAH-LANGKAH PENGUKURAN

  • ·         Siapkan alat-alat yang akan di gunakan untuk pengukuran dilapangan.
a.       Busur sudut.
b.      Paku
c.       Meteran
d.      Palu
e.       Galon
f.       Penggaris segitiga siku-siku
g.      Alat tulis

  • ·         Buat sket lapangan yang mau diukur
  • ·         Tentukan titik-titik dilapangan (titik P,Q,R) terbentuk sebuah segitiga siku-siku, usahakan titik P yang tidak dapat dijangkau ditandai dengan sebuah pohon atau tumbuhan yang lainnya yang terdapat ditepi sungai,. titik Q dilihat dari titik P sejajar dengan cara estimasi penglihatan menggunakan galon. Lalu titik Q tandai dengan paku.
  • ·         Setelah titik Q ditandai dengan paku, tegakkan kembali galon dititik Q lalu Titik P ditarik ke titik R terbentuk sudut siku-siku ( 90°)  menggunakan penggaris segitiga siku-siku dan dengan cara estimasi penglihatan dan setelah didapatkan sudut siku-siku maka untuk menandai titik R maka seseorang sudah berdiri dengan galon dengan perintah seseorang yang berdiri di titik Q . lalu titik R ditandai dengan dengan paku.   Titik Q dan Titik R diukur jaraknya dan dicatat.
  • ·         Seseorang berdiri lagi dititik R (sebagai posisi mencari sudut antara titik aQRP) dan titik Q yang sudah ditandai ditegakkan kembali dengan galon , lalu ditembakkan kembali titik Q ke Titik P dengan menggunakan estimasi penglihatan.
  • ·         Antara Titik Q dan titik R ditarik meteran dan lurus dan seseorang yang berada dititik R ditembakkan ke titik P yang sudah ditandai. Setelah itu, gunakan busur untuk menentukan sudutnya dan dibaca serta dicatat.Sudah didapatnya sudutnya , barulah dicari perhitungannya dengan menggunakan rumus segitiga siku-siku.


Contoh data pengukuran :
Diketahui :
sudut aQRP = 45°
jarak do           = 12 m

Mencari lebar sungai (r) = ?

Penyelesaian :
             r    =  Tan aQRP .  do
             r    =  Tan 45° .  12 m
             r    =  19,437 m
jadi, didapat lebar sungai 19,437 m




2. Menggunakan Alat Teodolit

LANGKAH-LANGKAH PENGUKURAN

  • ·         Siapkan alat-alat yang akan di gunakan untuk pengukuran dilapangan.
a.       teodolit
b.      Paku
c.       Meteran
d.      Palu
e.       Galon
f.       Statip
g.      Unting-unting
h.      Payung
i.        Alat tulis

  • ·         Buat sket lapangan yang mau diukur
  • ·         Tentukan titik-titik dilapangan (titik P,T,R) terbentuk sebuah segitiga sembarang, usahakan titik P yang tidak dapat dijangkau ditandai dengan sebuah pohon atau tumbuhan yang lainnya yang terdapat ditepi sungai,. titik T dilihat dari titik R sejajar dengan cara menggunakan meteran ditarik lurus dari titik T ke titik R. Lalu titik T dan titik R tandai dengan paku.
  • ·         Tentukan titik X yang segaris lurus dengan titik P menggunakan teodolit yang berada dititik X. Dan letakkan titik Q tepat pada batas tepi sungai dengan tanah yang segaris lurus dengan titik P menggunakan galon.Titik X ke Titik Q ( r ) dan titik Q ketitik R (dₒ) diukur jaraknya dan dicatat serta ditandai dengan paku masing-masing titiknya.
  • ·         Setelah diukur, alat masih berada dititik X lalu ditembakkan sudutnya sekitar 90° untuk menentukan letak titik Y .tandai titik Y dengan paku serta diukur pakai meteran jarak dari titik X ke titik Y ( d₁ ) dan dicatat.
  • ·         berdiri lagi alat dititik Y (sebagai posisi mencari sudut antara titik aXYP), lalu ditembakkan  titik X ke Titik P dengan menggunakan bacaan sudut (titik X berdiri dengan galon) lalu dicatat sudut yang didapat.
  • ·         Sudah didapatnya sudutnya , barulah dicari perhitungannya dengan menggunakan rumus segitiga siku-siku.


Contoh data lapangan :

Diketahui :
do        =          12 m                            sudut aXYP = 45°
d₁         =          24 m
r₂          =          10 m
mencari lebar sungai ( r₁ ) = ?

Penyelesaian :
             r    =  Tan aXYP .  d
             r    =  Tan 45° .  24 m
             r    =  38,875 m
  r    =  r₁ + r
  r  r - r
  r  38,875 m 10 m
  r  28,875 m
jadi, didapat lebar sungai 28,875 m








No comments:

Post a Comment

Arsip Ku